Memilih Kamera yang Sesuai dengan Kebutuhan dan Harga

Banyaknya kesalahan yang dilakukan para pecinta kamera atau fotografer pemula dalam Memilih Kamera Sesuai Harga dan Kebutuhan anda atau menentukan gadget-gadget yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan tentu menyatakan seberapa berkualitas barang tersebut. Harga kamera akan berpengaruh pada fitur dan hasil yang didapatkan dalam memotret. Jika demikian halnya tentu akan berpengaruh pula pada kebutuhan sebenarnya kita menggunakan kamera.

Bagi sebagian fotografer masing-masing memiliki kebutuhan fitur kamera, seperti halnya ponsel tentu kita akan cermat memilih spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan kita. Para fotografer pemula terkadang hanya terpesona dengan merk, besar megapixel dan harga yang ditawarkan. Padahal ketiganya adalah bukan ukuran mutlak sebuah kamera digital berkualitas atau tidak. Untuk itu kali ini kita sedikit mengupas mengenai kualitas dan kelebihan setiap kamera sehingga anda bisa menentukan mana yang cocok untuk anda.

Memilih Kamera yang Sesuai dengan Kebutuhan dan Harga

cara memilih kamera


1. Bagaimana menentukan Kamera yang Kita Butuhkan?

Bagi saya, ini adalah kesalahan besar jika anda membeli kamera tetapi tidak anda butuhkan. Mungkin hanya untuk gengsi atau trend saja. Sebab jika anda memiliki kamera, tidak semudah yang anda bayangkan. Perlu perawatan lensa kamera, anda bisa membaca di Cara Merawat Lensa Kamera. Ada beberapa hal yang perlu anda tanyakan pada diri anda :
•    Haruskah punya kamera sekarang?
•    Jika iya, apa tujuan anda? hanya untuk memiliki kamera demi mengabadikan momen-momen terbaik saja atau memang ingin mempelajari dunai fotografi?
•    Apa saja fitur dari kamera yang Anda cari? misalnya dari segi besar zoom, stabilisator gambar, LCD besar, kemudahan penggunaan, atau kisaran harga yang sesuai budget anda.
•    Kamera seperti apa yang anda inginkan? kamera saku/pocket, kamera DSLR, Prosumer, atau jenis kamera lain?

Dalam menentukan atau cara memilih kamera digital berkualitas, biasanya orang tidak memperdulikan apa sebenarnya kebutuhan dan kemampuan dia.

2. Ingat! Jumlah Megapixels bukanlah sebuah patokan

Kita tahu harga kamera DSLR 6,1 mp adalah 4 kali harga kamera digital biasa yang 10 mp. Padahal kita sering mendengar orang bertanya: berapa megapixel kamera kamu? Atau cuman segitu pixel kamera-nya? Pada kenyataannya makin banyak pixel, juga bisa merusak hasil gambar. Memiliki kamera hanya dua pixel sudah cukup untuk dicetak dalam foto standar 6×4 inci secara sempurna. Ini sama dengan resolusi Full HD TV. Lima hingga enam megapixel lebih dari cukup untuk segala kebutuhan. Bahkan untuk pencetakan sebesar poster tetap kelihatan bagus di resolusi ini. Jika Anda mencetak foto dalam ukuran normal (10x15, 14X21) dari kamera 4 megapixels sudah lebih dari cukup. Dan tentu lebih menghemat memori penyimpanan anda.

3. Jika bicara Budget, pertimbangkan pula alat tambahan seperti asesoris kamera
Ingat bahwa tergantung pada bagaimana Anda akan menggunakan kamera digital yang Anda miliki / harus membeli beberapa tambahan seperti:
•    Tas kamera, ransel
•    Kartu memori
•    Baterai Cadangan
•    Lensa (jika Anda membeli DSLR)
•    Penyaring (dan aksesoris lainnya untuk lensa)
•    Tripod atau monopod
•    Flash

4 . Kamera DSLR atau kamera digital biasa?
Seperti yang dikatakan sebelumnya, ini akan berpengaruh pada harga kamera yang anda pilih. Kamera tipe DSLR merupakan kamera digital yang mempunyai prinsip kerja, sama dengan kamera SLR yang masih menggunakan film, yaitu dengan menggunakan sistem pantulan dari cermin. Perbedaan yang mendasar antara DSLR dan kamera digital biasa atau digicams terletak pada sensor yang meneruskan cahaya yang masuk melalui lensa. Anda bisa membaca selengkapnya di Perbedaan SLR dan DSLR.

5. Sudahkah mengetahui apa itu Zoom Optik?
Tidak semua "zooms" adalah sama. Bila Anda mencari kamera digital, anda akan mendengar dua hal: optical zoom dan digital zoom. Saya menyarankan Anda mempertimbangkan hanya zoom optik untuk mengambil keputusan untuk membeli. Digital zoom, yang kasar, hanya akan meningkatkan pixel dari gambar Anda dan meninggalkan lebih "pixelnoize" atau gangguan pada kualitas gambar.

6. Membaca review dari kamera yang akan anda beli
Saat ini sudah banyak situs yang membahas mengenai harga, spesifikasi dan juga kelebihan dan kekurangan kamera. Ada baiknya, sebelum membeli kamera, bisa browsing dahulu. Jangan hanya percaya pada penjual, mengingat banyak orang yang dibayar untuk beberapa merk kamera. Membaca artikel, jurnal khusus fotografi, khusus situs dan forum, karena ada banyak tersebar di berbagai media informasi. Dengan demikian, anda akan mengerti benar bagaimana cara memilih kamera digital yang berkualitas menurut Anda.

7. Jangan lupa untuk Lakukan test drive.
Artinya anda harus yakin betul kamera digital yang akan anda beli adalah pas dengan pengetahuan anda serta nyaman sesuai skill anda. Percuma rasanya anda membeli kamera digital secanggih apapun, jika anda tidak nyaman dan kurang bisa menggunakannya. Yakinkan anda telah benar-benar memilih kamera digital pilihan Anda.

Lihat Juga Daftar Harga Lensa Kamera Merk Sony

Demikian sedikit tips cara memilih kamera yang sesuai dengan harga dan kebutuhan anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Salam.

0 Response to "Memilih Kamera yang Sesuai dengan Kebutuhan dan Harga"

Post a Comment

Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Tengah Artikel 2

Bawah Artikel